Nama : TRI DWIYANINGSIH
NIM : 09402241028
PEND. ADP ( R )’ 09
MID SEMESTER
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
1. Apa yang anda ketahui tentang redesain struktur organisasi dalam SIM, berikan contoh dalam gambar!
Jawab :
Resedain struktur organisasi mempunyai keterkaitan Sistem Informasi dengan Rencana Bisnis seperti misi bisnis yaitu membuat perusahaan / institusi menjadi semakin kompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin dalam usahanya. Sistem Informasi sangat dibutuhkan untuk membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien (sdm, cost, waktu tunggu, dsb) Siapa yang akan merancang à Bagaimana Rancangannya à Siapa yang merawat/maintenance à mengoperasikan à Outcome seperti apa yang diharapkan? Jika kita ingin merancang sistem informasi pada suatu perusahaan, itu berarti kita merancang ulang perusahaan itu sendiri (ManualàOtomasi).
Merancang Ulang Proses Bisnis :
Mengembangkan Visi Bisnis dan tujuan proses
Mengidentifikasi proses bisnis yang dirancang ulang
Memahami dan mengukur kinerja dari proses yang ada saat ini
Menentukan kesempatan-kesempatan untuk menerapkan teknologi informasi.
Membuat suatu prototipe proses baru (Trial Period) masa uji sistem (proses-output
Rekayasa Ulang Bisnis (re-engineering): memotong hal-hal yang tidak perlu, berstruktur, tanpa border geografis, Non-SDM, Informasi terinci, bisnis tanpa kendala waktu, peningkatan kualitas, penelusuran ulang mudah dilakukan, komunikasi tanpa batas.
Gambar :
2. Jelaskan beberapa model pendekatan Sistem Informasi Manajemen!
Jawab :
a. Pendekatan Technical Approach
Penekananya pada : Teknologi fisik sistem informasi, matematically & normatif model. Subyek yang menarik bagi mahasiswa teknik komputer Namun terbukti telah gagal menjelaskan ketidak-berhasilan SIM memecahkan masalah karena faktor organisasi dan individual.
b. Pendekatan Behavioral Approach
Penekanannya pada isu-isu : Perkembangan SIM mutakhir, Pembahasan konsep dan metode. Misal :
• Bagaimana kelompok-kelompok dan organisasi membentuk sistem pendukung (support system),
• Bagaimana efek sistem pada individu, kelompok dan organisasi (sosioogi)
• Bagaimana manfaat informasi dirasakan dan digunakan oleh pembuat keputusan (psikologi) ;
• Apa dampak SIM tsb pada kontrol organisasi dan struktur biaya dalam organisasi (ekonomi).
c. Pendekatan Tradisional
Model pendekatan tradisional dimana profesioanl sistem informasi dalam kelompok tersentralisasi atau terdesentralisasi akan mengikuti Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SDLC). Dalam siklus ini pengembangan suatu sistem tidak pernah berakhir, karena sistem yang digunakan harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Pendekatan tradisional merupakan alternatif pilihan bagi strategi sistem yang lebih luas. Kesuksesan penerapannya tergantung pada partisipasi yang efektif dan kepemimpinan manajer yang teribat.
d. Pendekatan Alternatif
Dalam pendekatan ini dibutuhkan pengguna sistem yang mau bekerja secara intensif dengan sistem yang baru dibuat dan menentukan sistem mana yang layak dijalankan untuk organisasi.
3. Apa yang anda ketahui tentang komponen utama dalam sistem komputer ?
Jawab :
Komponen utama penyusun sistem komputer ada 3. Hardware (perangkat keras/fisik), Software (perangkat lunak), dan Brainware (pelaksana/operator, dlm hal ini manusia). Ketiga komponen tersebut merupakan satu kesatuan dan tidak bisa terpisahkan dalam sistem komputer.
1) Hardware
Merupakan perangkat keras/perangkat fisik dari komputer. Perangkat ini terdiri dari perangkat tertentu dan mempunyai tugas tertentu dalam membangun sebuah sistem kerja komputer. Ciri-ciri dari hardware adalah terlihat/nampak fisiknya berupa barang, sehingga bisa dipegang. Hardware pokok dari komputer adalah Monitor, keyboard, mouse dan CPU. Hardware CPU yang dimaksud berisi minimal Motherboard, Processor, Memori, Harddisk.
2) Software
Software atau perangkat lunak adalah sekumpulan program atau perintah-perintah digital untuk mengkoordinasikan kerja dari hardware. Software sebenarnya dibagi dalam beberapa bagian menurut fungsi/kerjanya. Untuk lebih menyederhanakannya, software terbagi menjadi 2. Software yang digunakan untuk mengatur kerja hardware sampai dengan siap digunakan lebih lanjut, sering disebut dengan Operating System (OS). Contoh dari OS adalah LINUX, Apple dan Microsoft Windows..
3) Brainware
Brainware atau perangkat otak / pelaksana, dalam hal ini adalah manusia. Manusia sebagai brainware terdiri dari beberapa tingkatan. Tingkatan paling rendah adalah operator (hanya mampu menjalankan saja/menggunakan program). Tingkatan yang lain adalah programing dan analis.
4. Jelaskan tentang konsep dasar SIM !
Jawab :
Sistem informasi Manajemen adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan. Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan. Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya. Sistem adalah seperangkat komponen yang saling behubungan dan saling kerjasama untuk mencapai beberapa tujuan. Sistem informasi adalah sekumpulan hardware dan software komputer, prosedur, dokumentasi, formulir dan orang yang bertanggungjawab untukmemperoleh, menggerakkan, manajemen, distribusi data dan informasi. Proses yang harus diikuti dalam pengembangan suatu sistem yang baik disebut system analysis dan design (SA&D). Proses ini didasarkan pada pendekatan sistem untuk mengatasi suatu masalah yang disebabkan oleh beberapa prinsip dasar berikut ini :
a. Seorang manajer harus tahu apa (what) yang dilakukan oleh suatu sistem sebelum membuat spesifikasi bagaimana (how) suatu sistem bekerja.
b. Memilih cakupan yang tepat atas keadaan yang dianalisa akan berpengaruh terhadap masalah apa yang bisa diatasi dan yang tidak.
c. Suatu masalah sebenarnya terdiri dari beberapa masalah, sehingga strategi yang tepat adalah mengurutkan masalah yang besar ke masalah yang kecil.
d. Pemecahan suatu masalah antara satu bagian dengan bagian lain mungkin sesekali berbeda, sehingga pemecahan alternatif yang menunjukkkan perspektif yang berbeda hendaknya dibuat dan diperbandingkan sebelum hasil akhir dipilih.
e. Masalah dan pemahamannya berubah ketika silakukan analisa, sehingga seorang manajer harus mengambil pendekatan bertahap terhadap pemecahan masalah. Hal ini memungkinkan komitmen yang terus bertambah terhadap pemecahan masalah tertentu, di mana keputusannya berlanjut atau tidak ke tahap berikutnya.
5. Ada 4 aktivitas dalam pengelolaan informasi, uraikan hal tersebut secara rinci!
Jawab :
Pengolahan informasi meliputi beberapa tahap yaitu :
a. Pengumpulan data (Mencari Informasi/ input)
Dalam pengolahan data menjadi sebuah informasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pengumpulan data itu sendiri. Disini dibutuh sebuah kejelian untuk mendapat data-data tersebut. Pengumpulan data ini, dapat dilakukan dengan berbagai cara misal dengan observasi (pengamatan), angket dan lainnya. Namun saat ini yang paling sering adalah mencari informasi dengan melakukan searching dan browsing di internet, misalnya dengan memanfaatkan search engine. Banyak situs-situs di internet yang menyediakan fasilitas search engine. Contoh : www.google.com , www.altavista.com , www.yahoo.com dan lain-lain.
b. Memilah dan menyimpan Data atau informasi
Setelah data-data untuk informasi tersebut didapatkan, langkah selanjutnya adalah memilah data tersebut, yaitu mengambil data-data yang dianggap aktual, terpercaya, akurat dan uptodate. Sehingga data-data yang tidak diperlukan dapat disisihkan dari data yang akan diambil. Data-data yang dianggap perlu, dikelompokkan kemudian disimpan, ingat dalam penyimpanan harus memperhatikan aspek pengarsipan, sehingga jika diperlukan nantinya secara cepat dapat diambil kembali.
c. Mengambil kembali untuk diolah menjadi informasi baru
Dari data-data yang telah disimpan, dapat dibeda menjadi dua jenis :
Data informasi yang langsung dapat ditampilkan dan data informasi yang harus diolah dulu, baru bisa ditampil menjadi informasi baru. Mengolah data untuk menjadi sebuah informasi baru, dapat dilakukan dengan pengeditan, penambahan, pengkonversian, penggabungan dari banyak data dan sebagainya.
Contohnya :
Data yang diperoleh dari internet masih dalam format html, kemudian akan diolah dengan menggunakan Ms. Word, maka data-data dalam format html tersebut kita ubah menjadi format doc dengan melakukan copy paste ke dalam sebuah dokumen Ms. Word, setelah itu dapat dilakukan pengeditan, penambahan, penggabungan dan lain-lainnya. Data yang telah diolah tersebut, akan menjadi sebuah informasi baru, dan dapat di presentasikan dalam bentuk apapun. Sebagai contoh dalam format PDF, atau dengan menggunakan Ms. Powerpoint bahkan secara lisan, karena sebuah informasi aktif, jauh lebih berharga dari informasi pasif.
d. Mempresentasikannya.
Setelah mengolah semua informasi yang didapatnya maka kita dapat mempublikasikannya kepada khalayak umum, dan dengan itu masyarakat umum dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan kualitas data yang valid atau berupa fakta. Data yang telah diolah tersebut, akan menjadi sebuah informasi baru, dan dapat di presentasikan dalam bentuk apapun supaya lebih bermakna dan bermanfaat.
6. Buatlah ulasan anda tentang peranan teknoogi dan komunikasi dalam organisasi / SIM !
Jawab :
Peranan teknologi dan komunikasi dalam suatu organisasi sangatlah utama karena keduanya sangat dibutuhkan oleh suatu organisasi dikarenakan teknologi mempermudah pekerjaan dan mengefektifkan waktu. Dan teknologi juga berperan sebagai pengganti peran manusia. Meningkatkan aliran komunikasi dengan teknologi, informasi mengalir lebih cepat dari sumber yang lebih banyak, Mempermudah komunikasi individu dan organisasi akan semakin mudah melakukan komunikasi akibat adanya teknologi. Teknologi mampu mempersempit bahkan menghilangkan perbedaan jarak dan waktu, Mengubah struktur komunikasi Struktur organisasi banyak mengalami perubahan akibat teknologi komunikasi., berkomunikasi dengan atasan dan rekan sekerja tidak perlu dilakukan di satu lokasi dalam suatu pertemuan formal. Komunikasi bisa terjadi antara orang yang sedang berada di kantor dengan orang lain yang sedang berada di lapangan, di perjalanan atau di rumah, Menurunkan biaya komunikasi Teknologi mempermudah pembuatan dan pendistribusian informasi. Mudahnya pembuatan dan pendistribusian akan mengakibatkan menurunnya biaya komunikasi. Teknologi informasi & komunikasi melahirkan jaringan komunikasi (network) yang memungkinkan organisasi meng-access informasi dengan cepat dari seluruh dunia, dan mengkoordinir aktivitas tanpa batas tempat dan waktu (kapan saja dan dimana saja). Network yang paling besar dan paling luas jangkauannya disebut internet. Internet membentuk jaringan global. Jaringan tersebut memungkinkan organisasi perusahaan, individu, sekolah, instansi pemerintah dsb. dapat bertukar informasi (sharing) keseluruh dunia. Jaringan ini merubah bentuk dan cara kerja organisasi bisnis & perilaku masyarakat à secara teknis, manajerial dan institusional (berkembang secara bertahap – walau tidak selalu linier).
ost ayat-ayat cinta
Blog Archive
About Me
Pengikut
TIGADUA_32. Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar